Sabtu, 16 Oktober 2010

SDRAM

Perkembangan PC (Personal Computer) sekarang sudah sangat pesat dan kebutuhan manusia dalam bidang informasi dan teknologi yang harus di olah oleh PC , dalam sebuah komputer tidak hanya PC saja yang berkembang pesat namun teknologi perangkat keras, perangkat lunak, serta fungsi sistem itu sendiripun berkembang sesuai kebutuhan masyarakat sekarang yang lebih sering menggunakan alat komunikasi maupun informasi melalui komputer dan internet. Pada perayaan 20 tahun PC yang jatuh pada bulan Agustus 2001 yang lalu, yang apabila kita cermati saat ini kita berada pada masa dimana PC telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Jika pada awal ditemukannya, PC masih dianggap sebagai barang mahal, kini hampir semua orang sudah memilikinya. Bisa dikatakan, orang yang tidak mengenal komputer akan dicap sebagai orang yang gagap teknologi.
pada waktu itu PC Intel 8088 hanya mampu berjalan dengan kecepatan 4,77 MHz yang digunakan untuk menggerakkan program pengolah kata dalam pembuatan dan editing dokumen, spreadsheet sederhana untuk mengerjakan pekerjaan akuntansi maupun bisnis, dan program database sederhana serta sedikit program pendidikan dan game yang juga masih sangat sederhana. Kini PC yang diotaki Intel Pentium4 mampu berlari dengan kecepatan 2GHz, bahkan baru - baru ini Intel Corp melalui ajang Intel Developer Forum-nya, telah menunjukkan demo prosessor Intel berkecepatan 3,5GHz! Suatu lompatan penemuan teknologi yang cukup fantastis.

Synchronous Dynamic Random Access Memory (disingkat menjadi SDRAM) merupakan sebuah jenis memori komputer dinamis yang digunakan dalam PC dari tahun 1996 hingga 2003. SDRAM juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-state.
(S DRAM ynchronous) Jenis RAM dinamis (DRAM) chip memori yang telah banyak digunakan sejak akhir 1990-an. SDRAM chips eliminated wait states by dividing the chip into two cell blocks and interleaving data between them. chip SDRAM dieliminasi menunggu negara dengan membagi chip menjadi dua blok sel dan interleaving data antara mereka. While a bit in one block is accessed, a bit in the other is prepared for access. Sementara sedikit dalam satu blok diakses, sedikit di lain dipersiapkan untuk akses.
Walaupun konsep synchronous DRAM telah dikenal setidaknya sejak 1970-an dan digunakan dengan prosesor Intel awal, itu hanya pada tahun 1993 yang SDRAM mulai jalan untuk penerimaan universal dalam industri elektronik. In 1993, Samsung introduced its KM48SL2000 synchronous DRAM, and by 2000, SDRAM had replaced virtually all other types of DRAM in modern computers, because of its greater speed. Pada tahun 1993, Samsung memperkenalkan DRAM KM48SL2000 sinkron, dan pada tahun 2000, SDRAM menggantikan jenis lain semua hampir dari DRAM di komputer modern, karena kecepatan yang lebih besar.

SDRAM latency is not inherently lower (faster) than asychronous DRAM. SDRAM latency tidak inheren lebih rendah (lebih cepat) dari DRAM asychronous. Indeed, early SDRAM was somewhat slower than contemporaneous burst EDO DRAM due to the additional logic. Memang, SDRAM awal agak lebih lambat dari DRAM EDO kontemporer meledak karena logika tambahan.
Megahertz dimulai pada jaman kejayaan SDRAM. Kecepatan memory, mulai dinyatakan dalam megahertz (MHz). Dan masih tetap digunakan, bahkan sampai pada DDR2.

Perhitungan berdasarkan selang waktu (periode) yang dibutuhkan antara setiap clock cycle. Biasanya dalam orde waktu nanosecond. Seperti contoh pada memory dengan aktual clock speed 133 MHz, akan membutuhkan access time 8ns untuk 1 clock cycle.
Kemudian keberadaan SDRAM tergeser dengan DDR (Double Data Rate). Dengan pengembangan utama pada kemampuan mengirimkan data dua kali lebih banyak. DDR mengirimkan data dua kali dalam satu clock cycle.
Awalnya hanya dikenal sebagai "SDRAM", Single Data Rate SDRAM dapat menerima satu perintah dan transfer satu kata data per siklus clock. Typical clock frequencies are 100 and 133 MHz. frekuensi clock yang tipikal adalah 100 dan 133 MHz. Chips are made with a variety of data bus sizes (most commonly 4, 8 or 16 bits), but chips are generally assembled into 168-pin DIMMs that read or write 64 (non-ECC) or 72 (ECC) bits at a time. Chips dibuat dengan berbagai ukuran data bus (paling sering 4, 8 atau 16 bit), namun chip umumnya dirakit menjadi 168-pin DIMM yang membaca atau menulis 64 (non-ECC) atau 72 (ECC) bit pada satu waktu.

SUMBER :

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://encyclopedia2.thefreedictionary.com/SDRAM

http://mister-fu.blogspot.com/2009/07/sdram.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar